Header Ads

[SOLVED] Membaca Filesystem exFat Di Ubuntu/Linux Mint

Pagi ini, saya mencolokkan flash disk ke laptop untuk mengcopy file. Namun, flash disknya tidak bisa termount di Linux Mint, dikarenakan file system pada flash disknya adalah exFat. 

exfat filesystem
Notifikasi error saat mencolokkan flash disk
Saya mencoba format flash disknya di Windows dengan menggunakan file system Fat32. Tapi Windows tidak bisa memformat flash disk tersebut. Saya coba file system NTFS pun juga tidak bisa. Dan pada akhirnya saya menggunakan Google untuk membantu saya. Saya mencari cara, bagaimana Linux Mint yang saya gunakan bisa membaca filesystem exfat. Pencarian saya berhenti di forum Askubuntu.com. Disana juga ada salah satu member yang mengalami masalah seperti yang saya alami. Ternyata caranya cukup mudah,cukup dengan install exfat-utils dan exfat-fuse. Jalankan perintah dibawah ini untuk menginstallnya!

$ sudo apt-get install exfat-utils exfat-fuse

Wooww .. Flash disk termount dengan sempurna di Linux Mint. 

exfat filesystem
Flash Disk setelah berhasil di mount
Setelah itu, saya mengubah file system flash disknya ke Fat32 menggunakan GParted.

exfat filesystem
File system flash disk diubah ke fat32
Sekarang flash disknya terbaca dengan sempurna di Linux maupun di Windows. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu dan membantu anda yang mengalami masalah yang sama. Terima Kasih

4 comments:

  1. Softwarenya bisa dijalankan di windows pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Windows sudah bisa membaca filesystem exfat dengan baik

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.