Header Ads

Cara Menampilkan Grub Di OS Tunggal

Grub atau Boot Loader menurut pemahaman saya sendiri adalah tampilan disaat kita harus memilih salah satu sistem operasi yang akan kita gunakan. Coba perhatikan gambar dibawah ini!!


Gambar diatas adalah tampilan default grub ketika kita menggunakan dua OS/Dual Boot. Grub ini akan ada ketika kita menggunakan dua OS/Dual Boot. Permasalahannya ketika kita menggunakan ubuntu sebagai sistem operasi tunggal di komputer kita, bisa gak diberi grub? Kemarin salah satu temen saya, install ubuntu sebagai OS tunggal di netbooknya dan dia ingin ada tampilan grubnya. Akhirnya saya surfing sana-sini mencari cara menampilkan grub di OS ubuntu yang di jadikan sebagai OS tunggal di netbooknya (Single Boot). Alhamdulillah .. Setelah 2hari saya surfing sana-sini, akhirnya dapat juga. Bagi temen-temen yang menggunakan ubuntu sebagai OS tunggal dan ingin ada tampilan grubnya, silahkan coba cara berikut :
Buka terminal (Crtl + Alt + T), Kemudian jalankan perintah $ sudo gedit /etc/default/grub. Pada jendela text editor yang tampil, cari tulisan GRUB_HIDDEN_TIME OUT=0. Setelah ketemu, tambahkan tanda # (pagar) di depannya, sehingga menjadi #GRUB_HIDDEN_TIME OUT=0. Save dan tutup text editornya, kemudian jalankan perintah ini di terminal $ sudo update-grub. Setelah selesai, silahkan restart komputer anda dan lihat hasilnya!
Jika anda ingin merubah background grub yang super hitam itu, silahkan baca Disini. Jika anda masih kurang dengan merubah background grub, silahkan baca Disiniuntuk merubah tampilan menjadi lebih keren & mempesona.
Sekian dari saya semoga bisa membantu dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih ..!!

2 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.