Header Ads

Program Java Pertamaku

Selamat pagi sahabat, pagi ini terasa capek sekali. semaleman lembur bersama temen-temen belum sempat tidur gara-gara tugas kuliah masih numpuk. Disela-sela waktu yang penuh dengan capek, ngantuk dan segala macem ini aku sempatkan posting untuk menjaga konsistensi blogku yang sederhana ini. 


Postingan yang sebelumnya mengenai Game Angry Bird Cloning Di Ubuntu, postingan kali ini adalah postingan yang sudah tidak asing lagi bagi para sahabat. karena hal ini biasa dilakukan ketika masih awal belajar bahasa pemograman yaitu mencetak kalimat Hello Word!!. Dalam mengawali perjalananku di dunia pemrograman java, aku juga  memulai Program Java Pertamaku dengan mencetak kalimat Hello Word!!. Disini saya menggunakan OS Ubuntu dan editornya menggunakan Gedit. Source Code programnya pada java seperti ini :

public class hello{
public static void main (String args []) {
System.out.println("Hello Word!!");
}
}

Oh ya, sebelum anda memulai anda harus install JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu. untuk instalasi JDK 7 (Java Development Kit 7) silahkan merujuk ke postinganku Cara Install Oracle JDK 7 Via PPA Di Ubuntu 12.04 LTS. Setelah Install JDK (Java Development Kit) silahkan buka gedit dan ketikan source code di atas. kemudian simpan dengan nama file hello.java. Nama file pada program java harus sama dengan dengan nama Classnya. Pada Source code diatas, nama Classnya adalah hello berarti nama filenya adalah hello.java. Setelah disimpan, sekarang kita mulai mengcompilenya. silahkan buka terminal dan masuk pada directory dimana file tadi disimpan. jalan perintah berikut :

$ javac hello.java

$ java hello  

Lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :


Okey kira-kira seperti itulah Program Java Pertamaku. mohon kritik dan sarannya jika terdapat kesalahan. Terima Kasih!


No comments

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.