Header Ads

Belajar Bahasa Pemrograman Python Di Linux

Pertama kali mengenal python ketika saya baca-baca sebuah majalah pemrograman terkeren dan tergokil yaitu NyankodMagz. Pada majalah NyankodMagz banyak sekali bahasa pemrograman yang dibahas salah satunya adalah python ini. Yang membuat saya tertarik pada pemrograman python yaitu multiplatform, simple dan python sudah include pada Sistem Operasi Linux. Jadi, kita tidak perlu repot-repot untuk menginstallnya. Untuk memastikan, silahkan bukan terminal dan ketikan python. Silahkan Perhatikan gambar dibawah ini :


Jika hasil perintah python yang anda jalankan tampak seperti pada gambar diatas, berarti python sudah terinstall. Sekarang mari kita mulai Belajar Bahasa Pemrograman Python Di Linux. Disini saya menggunakan distro Lubuntu 12.04 LTS. Pemrograman python bisa dijalankan dalam 2 mode yaitu Mode Console dan Mode Script. Pertama, mari kita coba yang Mode Console. Silahkan perhatikan gambar berikut ini :

  

Pada contoh diatas, kita mencetak “Belajar Pemprograman Python Di Linux” menggunakan perintah print. Pada python kita bisa mencetak sebuah String dengan menggunakan tanda (“-”) atau ('-') seperti pada contoh diatas.
Selanjutnya kita coba dengan Mode Script. Silahkan buka text editor anda. Boleh pakek gedit, nano, vim atau yang lainnya. Disini saya menggunakan text editor kate. Setelah dibuka, ketikan seperti berikut :


Setelah itu, silahkan simpan dengan extensi .py nama filenya terserah anda. Disini saya kasih nama latihan.py. Kemudian jalankan dengan perintah python latihan.py



Selamat anda berhasil!! Silahkan tunggu pembahasan berikutnya. Untuk pembahasan Belajar Bahasa Pemprograman Python Di Linux saya cukupkan sampai disini dulu. Jika ada kesalahan saya mohon dan mohon kritik dan sarannya. Terima kasih ..!!!


1 comment:

  1. Wah ane kepengen belajar bahasa programan pyton tapi gk tau mulai dari mana?


    Makasih infonya bermanfaat gan.

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.