Header Ads

Menjalankan Aplikasi Android Melalui WiFi

Malam itu, aku membaca sebuah thread disalah satu grup Developer Android. Ada anggota grup yang bertanya "Apakah ada cara untuk debug aplikasi android tanpa kabel USB?". Pada bagian komentar ada yang menjawab "WiFI ADB". Karena aku penasaran dan ingin tahu, aku menelusuri Google dengan menggunakan keyword WiFi ADB. Ternyata, banyak aplikasi tersedia di Google Play untuk menjalankan aplikasi android melalui WiFi. Aku memasang salah satu dari beberapa aplikasi yang tersedia. Namun, ketika aku jalankan, aplikasi tersebut meminta akses root. Hatiku bergumam "Hadeeeh ... harus di root nih HP-ku, males ah kalau masih harus root HP". Dan akhirnya, aku batalkan untuk mengunakan aplikasi tersebut. Aku kembali membuka halaman Google satu persatu, dan pada akhirnya aku bertemu dengan Android WiFi ADB.
Android WiFi ADB adalah sebuah plugin untuk Android Studio yang bisa menghubungkan device android melalui WiFi. Dengan Android WiFi ADB, kita bisa menjalankan dan debug aplikasi android melalui WiFi tanpa melakukan root pada HP. Mau tahu caranya? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Memasang Android WiFi ADB
Klik pada menu File >> Setting

 Pada Jendela Setting, pilih Plugins >> Browse repositories

Ketikkan Android WiFi ADB pada kolom search. Pilih Android WiFi ADB >> klik Install Plugin

Video Tutorial Memasang Android WiFi ADB

Menggunakan Android WiFi ADB
  • Pastikan laptop dan device android anda terkoneksi dalam jaringan yang sama.
  • Hubungkan device android dengan laptop menggunakan kabel data. Kabel data hanya kita butuhkan diawal, untuk selanjutnya kita bisa debug aplikasi melalui jaringan WiFi.
Selanjutnya, ikuti video tutorial di bawah ini untuk cara penggunaannya.

Jika pembaca punya cara lain, silahkan share ya. Cukup sekian untuk tutorial  Menjalankan Aplikasi Android Melalui WiFi. Semoga bermanfaat.

Source

3 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.