Header Ads

Cara Mengambil Screenshot Pada Ubuntu

Sebelumnya saya telah share tutorial wordpress mengenai Mengenal Dashbord Pada Wordpress. Sekarang saya kembali share mengenai ubuntu yaitu Cara Mengambil Screenshot Pada Ubuntu. Tutorial mengenai ubuntu yang sebelumnya, yang saya post disini adalah tentang Cara Mengubah Nama/Label Removable Disk Pada Ubuntu dan Cara Install Bluefish. Dibaca juga ych …!!
Okey lanjut …!! mengambil screenshot adalah pekerjaan yang sering saya lakukan ketika membuat tutorial yang di lengkapi dengan gambar. Menurut saya mengambil screenshot di ubuntu sangat mudah. Karena ketika kita menekan tombol Print Screen pada keyboard, apa yang ada di desktop kita langsung tercapture menjadi file gambar dengan exstensi .PNG. Tetapi kalau kita menggunakan tombol Print Screen pada keyboard, kita tidak bisa mengambil bagian tertentu. Karena semuanya akan tercapture. Jadi, kita harus memotongnya secara manual untuk mengambil bagian tertentu. Kerja dua kali donk.
Terus gimana caranya agar kita bisa langsung mengambil bagian tertentu? Tenang saja, di ubuntu sudah diikutkan secara default applikasi sreenshot. Namanya Take Screenshot. Bagiku applikasi ini sangat bagus sekali. Karena dengan applikasi ini kita bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan dengan tombol print screen pada keyboard seperti mengambil screenshot pada bagian tertentu dan mengambil screenshot jendela yang sedang aktif. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Seperti apa sich kemudahannya …?? mau tahu …?? yuk langsung praktekan!!
Jika anda menggunakan Gnome Panel seperti saya, jalankan applikasi screenshot melalui menu Application >> Accesories >> Take Screenshot. Jikan anda menggunakan shell tinggal search saja dengan nama Take Screenshot.



Untuk membuat screenshot seperti gambar di atas kita tidak akan bisa kalau menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Dan inilah interface dari applikasi Take Screenshot!!



Pada Take Screenshot ada 3 opsi untuk mengambil screenshot yaitu :

  1. Grab The Whole Desktop

  2. Opsi ini untuk mencapture secara keseluruhan pada desktop.

  3. Grab the current window

  4. Opsi ini untuk mengcapture window yang sedang aktif.

  5. Select area to grab

  6. Opsi ini untuk mengcapture area yang diseleksi menggunakan mouse.

Grab after of delay merupakan opsi jangka waktu berapa lama Take Screenshot akan mengcapture. Isi sesuai keinginan.
Untuk memudahkan pemahaman anda, saya sudah buatkan video tutorialnya. Silahkan tonton via youtube DISINI
Kalau ada kesalahan, saya mohon kritik dan sarannya. Terima Kasih …!!

2 comments:

  1. Biasanya sanya pakai shutter lebih enak dan mudah
    http://hanya-kutipan.blogspot.com/2011/11/screen-capture-dengan-shutter-di-linux.html

    ReplyDelete
  2. @Wido Aji Wibowo
    Kadang2 saya juga pakek shutter gan.
    thanks commentnya ..

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.