Header Ads

Cara Mengubah Nama/Label Removable Disk Di Ubuntu

Pada posting sebelumnya saya share Mengenal Backend Joomla 2.5. Dan pada posting kali ini aku mau share Cara Merubah Nama/Label Removable Disk. Kemarin saya ingin mengubah nama atau label removable disk pada ubuntu. Tapi setelah di klik kanan kok gak ada renamenya ych ..?? akhirnya saya cari dengan minta bantuan Mbah GOOGLE. Ternyata untuk melakukan rename pada removable disk di ubuntu beda dengan OS Sebelah . :D :D
Di ubuntu removable disk secara otomatis akan termount di direktory media (/media/Disk/).
Ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengubah nama/label removable sesuai dengan filesystem yang dipakai. Berikut nama tool dan cara instalasinya yang bisa kita gunakan!!


  • mtools

  • Tool ini digunakan untuk partisi fat16 dan fat32
    Cara Installnya :
    $ sudo apt-get install mtools
    Cara merubahnya :
    $ sudo mlabel -i

5 comments:

  1. pakai Windows mudah karena sudah terbiasa tapi sayangnya berbayar kalau ngehack katanya dosa.
    Pakai lInux Gratisan (sebgian besar) tapi susah juga karena tidak terbiasa. salut buat temenku yang satu ini telah terbiasa

    ReplyDelete
  2. @Firman Ghazali Akhmadi Kalau kita sudah terbiasa pasti mudah mas. jd, jangan takut untuk migrasi mas, coba sedikit demi sedkit ..
    Terima Kasih atas komentarnya mas ..

    ReplyDelete
  3. penasaran juga. mau tes yah gan

    ReplyDelete
  4. @kowandy
    Okey gan silahkan ..
    terima kasih dah mampir!!

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.