Header Ads

Cara Mempercantik Tampilan Terminal Dengan Figlet Dan Fortune Cowsay

Sebelumnya saya pernah posting cara mempercantik tampilan terminal dengan filglet. Pada postingan kali ini saya akan share tentang mempercantik tampilan terminal dengan fortune cowsay dan figlet.
Screenshot tampilan terminnal :


Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Install fortune cowsay dengan cara mengetikan perintah berikut diterminal
”sudo apt-get install fortune cowsay”
setelah menginstall fortune cowsay, selanjutnya install figlet dengan perintah berikut :
”sudo apt-get install figlet”
setelah proses instalasi selesai, silahkan masuk ke Home Folder melalui menu Places > Home Folder. setelah berada di Home Folder, silahkan tekan tombol Ctrl+H maka akan tampil beberapa file dengan tanda titik di depannya. Silahkan lihat gambar!!!

Cari file yang bernama .bashrc, kemudian double klik maka akan tampil seperti gambar berikut :

pada baris paling bawah, dibawahnya tulisan fi, silahkan tambahkan tulisan dibawah ini!!!

# Modification Terminal
cowsay -f eyes “Selamat Datang Di KSL Universitas Islam Madura”
echo
# Figlet nama
figlet -f smslant “KSL UIM”


Setelah itu simpan. Kemudian buka terminal anda dan lihat hasilnya.

Catatan : Silahakan ubah tulisan Selamat Datang Di KSL Universitas Islam Madura dan KSL UIM sesuai dengan yang anda inginkan



2 comments:

  1. mantaap sob
    nanti bini ane pasti ane percantik
    eh..... salah ngomong
    terminal maksudnya wkwkw

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.