Header Ads

Cara Membuka Gambar Melalui Terminal

Setelah pada postingan sebelumnya aku share mengenai Unity, Gnome dan Gnome Shell. Sekarang pada postingan ini aku mau share cara membuka/menampilkan file gambar melalui terminal. Hal ini berawal dari rasa penasaran pada diri saya. Ketika saya bermain-main di terminal dan ketika saya mau melihat gambar, saya harus kembali ke grafis untuk membuka dan melihat file gambar tersebut. Hal ini agak merepotkan bagiku. “Bisa nggak ya membuka file gambar melalui terminal ..??” Pertanyaan inilah yang membawa saya untuk melakukan surfing ke sang guru besar Google. Setelah saya surfing and diving sana sini, :D :D akhirnya saya menemukan jawaban dari pertanyaanku itu sendiri. perintah yang digunakan untuk menampilkan file gambar adalah eog (eye of gnome). Berikut ini caranya ..!!
Caranya anda cukup menjalankan perintah eog nama-file

Contoh :



Hasilnya ..!!

Pada gambar diatas saya membuka file gambar bernama canascat-rap-tux.png yang berada di directory Pictures
Cukup Sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!!
TERIMA KASIH ..!!


Source :http://chrisjean.com/2009/02/17/easily-view-images-from-terminal-in-ubuntu/

2 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.