Header Ads

Mengenal Unity, Gnome dan Gnome Shell

Pada postingan sebelumnya aku share perintah perintah dasar terminal. Pada postingan kali ini, aku mau share mengenai Unity, Gnome dan Gnome Shell. Apa itu Unity, Gnome dan Gnome Shell ..?? Makhluk dari planet manakah mereka ..?? :D :D
Aku pernah posting pada blogku ini tentang Desktop Environment. Yang mungkin, ada sangkut pautnya dengan postingan kali ini. Pada postingan ini, aku akan menjelaskan sedikit tentang Unity, Gnome dan Gnome Shell biar tidak terjadi kesalah pahaman dan juga bisa membantu temen-temen yang masih pemula seperti saya dan yang mau belajar linux. Okey lansung saja kita mulai ..!! :D :D


  • Unity

  • Canonical mengembangkan dua versi dari unity yang mana kedua dari versi ini sangat mirip dari segi tampilan. Yaitu unity (Shell) dan Unity 2D (Applikasi). Unity bukan desktop environment. Unity adalah sebuah shell yang berjalan diatas Desktop Environment GNOME, yang dikembangkan oleh Canonical Ltd untuk ubuntu. Unity pada ubuntu 11.04 adalah sebuah plugin compiz sama dengan plugin compiz lainnya. Cuman bedanya dengan plugin compiz lainnya adalah unity membutuhkan kemampuan hardware yang lebih tinggi.
    Unity pada ubuntu ubuntu 11.04 masih menggunakan Gnome 2 (2.32.1) sebagai fallback. Sedangkan pada ubuntu 11.10 menggunakan Gnome 3. Unity akan menjadi desktop default dari ubuntu 11.04 hanya jika hardware mendukung. Jika hardware tidak mendukung, maka akan kembali ke fallback mode yaitu ubuntu classic desktop. Pada ubuntu 11.10 unity 2D disebut dengan ubuntu 2D (Classic Desktop)

  • Gnome 3

  • GNOME (GNU Network Model Object Environment) adalah sebuah desktop environment. Gnome 3 adalah versi terbaru dari Gnome. Pada ubuntu 11.04 masih menggunakan Desktop Environment Gnome 2. pada Ubuntu 11.10 sudah menggunakan Desktop Environment Gnome 3.

  • Gnome Shell

  • Gnome shell bukan desktop Environment. Gnome shell adalah interface utama dari Gnome (Mulai sejak dari Gnome 3). Gnome shell tidak lagi menggunakan compiz. Tapi menggunakan mutter sebagai compositing windows manager yang berbasis metacity dan clutter. Gnome shell tidak bisa menampilkan effect compiz 3D seperti cube. Karena tidak menggunakan compiz.


Cukup sekian penjelasannya, mohon kritik dan sarannya jika terdapat kesalahan.
TERIMA KASIH ..!!

Source : http://cp27.web.id/v2/showthread.php?tid=1618

6 comments:

  1. Pertama saya bingung tretan ini apa, eh setelah saya baca2 lagi ternyata Linux ya, wah jadi pengen ngelihat linux pakai bahasa madura wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Yuk buat linux bahasa madura .. :D :D

    ReplyDelete
  3. saya pake gnome shell tapi saya juga masih ingin gunakan ccsm bisa gak ?

    ReplyDelete
  4. @bangtho
    Gan bisa gan. kalau boleh saya sarankan, pakek gnome+cairo-dock ja gan. terus unitunya remove. ccsm berjalan mulus. :D

    ReplyDelete
  5. masih kurang paham bos...khususnya newbie,,cba lebih detail lgi thank's artikel na...

    ReplyDelete
  6. salam semuanya . wah allhamdulillah . ada ebook belajar linux dari dasar .? saya masih ambang ambang kebingungan .hehe .

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.