Header Ads

Cara Install XAMPP Di Ubuntu


Pada postingan yang sebelumnya aku share Cara Install Driver VGA Nvidia Di Ubuntu 12.04. pada postingan kali ini aku mau share cara install XAMPP di ubuntu. Aku yakin anda sudah pada tahu apa itu XAMPP. Jd, aku gak usah jelasin mengenai XAMPP. :D .. Kalau masih ada yang belum tahu silahkan cari tahu dengan minta bantuan Mbah GOOGLE. He .. :D :D
Okey, masuk pada cara install XAMPP di Ubuntu. Berikut langkah-langkah instalasinya :

  • Download XAMPP For Linux di http://www.apachefriends.org.

  • Masuk ke directory dimana XAMPP hasil download disimpan. Misalnya aku simpan di directory Downloads. Masuk ke directory Downloads dengan perintah :
    $ cd Downloads

  • Extract XAMPP ke directory /opt dengan perintah :
    $ sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.2.tar.gz -C /opt

  • Jalankan XAMPP dengan perintah berikut :
    $ sudo /opt/lampp/lampp start

  • Kemudian, test XAMPP apakah sudah bekerja atau tidak. Buka Browser (Mozilla Firefox/Chromium Web Browser) lalu ketikan http://localhost. Kalau tampil splash dari XAMPP berarti instalasi sukses

  • Untuk menghentikan XAMPP, jalankan perintah berikut :
    $ sudo /opt/lampp/lampp stop
Sekian cara instalasi XAMPP di linux. Mohon kritik dan sarannya kalau ada kelasahan.
Terima Kasih ..!!!

2 comments:

  1. wah info bagus nih, kalo saya biasanya install manual apache, mysql sama phpmyadmin nya :D

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.