Header Ads

Mengenal Backend Joomla 2.5

Kemarin malam saya menginstall joomla 2.5 di ubuntu dengan mengunakan XAMPP. Setelah saya log in sebagai administrator, saya bingung apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Maklum baru belajar joomla. He .. :D :D. kebingungan saya dikarenakan saya tidak mengenal/tidak tahu terhadap apa yang ada pada Backend joomla tersebut. Akhirnya saya mencari informasi mengenai Backend Joomla dengan minta bantuan Mbah GOOGLE. Alhamdulillah saya menemukannya dan saya bisa tahu meskipun masih sedikit tahunya. Tapi gak apalah namanya lagi proses kenalan. He .. :D :D.
Kalau kita sebagai sebagai admin joomla, kita pasti sering mengunjungi Backend Joomla. Untuk apa ..?? Ya untuk mengelola joomla yang nantinya akan ditampilkan pada fronted joomla. Backend Joomla ini dapat kita akses melalui alamat http://localhost/administrator/. Dan untuk menuju Backend Joomla, kita harus log in terlebih dahulu.
Pada saat kita log in ke Backend Joomla, kita akan lansung berhadapan dengan halaman Control Panel. Dengan halaman Control Panel ini, administrator dapat dengan mudah mengelola Joomla. Seperti Add New Aeticle, Article Manager, Category Manager, Menu Manager, Global Configuration dan Lain-Lain.

Bagian Utama Pada Backend Joomla
Backend joomla terbagi memjadi 4 bagian utama yaitu Header, Footer, Menu Bar dan Manage Area.



Header memuat informasi logo Joomla dan nama halaman backend Joomla yaitu Administration.
Footer menampilkan lisensi Joomla dan versi yang sedang digunakan.
Menu Bar memuat link-link, yang dikelompokkan menurut fungsi-nya, untuk mengakses seluruh fitur yang disediakan Joomla untuk mengelola Website
Manage Area merupakan halaman untuk mengelola Website Joomla yang ditampilkan sesuai jenis fitur yang diminta oleh Administrator melalui Menu Bar

Menu Pada Backend Joomla
pada joomla 2.5, ada 7 kelompok menu yang dapat kita akses yaitu Site, Users, Menus, Content, Components, Extensions, dan Help.


  • Menu Site




  • Menu Site memuat informasi dan fitur yang terkait langsung dengan profil Administrator, informasi sistem, dan konfigurasi global Website Joomla. Melalui menu Site, Administrator dapat menuliskan deskripsi dan kata kunci (keyword) yang menggambarkan isi website Joomla, mengubah informasi e-mail, database, lokasi server, dan banyak lagi konfigurasi global lainnya. Administrator juga dapat mengubah hak akses untuk masing-masing level user seperti public, registered, Administrator, dll.

  • Menu Users




  • Menu Users digunakan untuk mengelola segala sesuatu yang terkait dengan User di website Joomla. Administrator dapat menambahkan user, mengubah informasi user, membuat kelompok/group user, memasukkan user pada group tertentu, membuat level akses baru, menentukan hak akses. Administrator juga dapat mengirimkan pesan (message) kepada seluruh user.

  • Menu Menus




  • Menu Menus dapat digunakan untuk menambahkan menu dan sub menu baru serta melakukan pengaturan untuk segala sesuatu yang terkait dengan menu. seperti tipe menu, level akses, menu/sub menu, judul menu, dan lain-lain

  • Menu Contents




  • Menu Content ini adalah inti dari website Joomla. Dengan menu Content, Administrator dapat mengelola segala hal yang terkait dengan content di website Joomla. Administrator dapat membuat kategori artikel, menambahkan dan meng-edit artikel, menentukan Featured Article. Administrator juga dapat mengelola gambar-gambar (images) untuk ditampilkan sebagai content, seperti membuat folder dan meng-upload images.

  • Menu Components




  • Menu Components dapat digunakan untuk melakukan pengaturan (settings) pada Component yang diinginkan.

  • Menu Extensions




  • Menu Extensions dapat digunakan untuk mengelola semua jenis extensions (kecuali Components) seperti modules, templates, plugins, dan languages. Administrator dapat menambahkan (install) extensions baru dan melakukan pengaturan-pengaturan melalui menu Extensions ini.  

  • Menu Help




  • Menu Help dapat digunakan ketika kita membutuhkan bantuan.

Source : http://cangkruk.com/index.php/joomla-1-6-1-7-2-5/528-mengenal-backend-joomla-25

No comments

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.