Header Ads

Mengenal JtextField, Jbutton dan Jlabel

Pada posting yang sebelumnya aku tentang Komponen-Komponen Java Swing. Pada posting kali ini kita akan belajar dan bekerja dengan jTextField, jButton dan jLabel. Sebelum kita mulai bekerja dengan jTextField, jButton dan jLabel. alangkah lebih baiknya kita Mengenal jTextField, jButton dan jLabel. terlebih dahulu. 
jTextField merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data yang berbentuk String. jLabel biasanya digunakan untuk memberikan sebuah keterangan dan jButton digunakan untuk menjalankan sebuah perintah tertentu. Untuk lebih jelasnya mari kita praktekan 3 komponen tersebut. Disini saya akan membuat sebuah program sederhana yang menggunakan komponen jTextField, jButton dan jLabel. seperti pada gambat di bawah ini : 

Mengenal jTextField, jLabel dan jButton
Pada program diatas kita diminta untuk memasukkan/menginputkan sebuah kalimat. Ketika menekan tombol Tampilkan, maka kalimat yang kita masukkan akan ditampilkan di label output. Program diatas terdiri dari 2 buah Jlabel, 1 JtextField dan 1 Jbutton. Untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Buat sebuah Project baru di Netbeans
  • Klik kanan pada project yang telah kita buat, pilih Jframe Form 
  • Design tampilan seperti pada gambar di atas. Pada gambar di atas, terdapat 2 JLabel, 1 JTextField dan 1 JButton. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :
Mengenal jTextField, jLabel dan jButton
  • Ubah nama Variabel dari setiap komponen dengan cara Klik kanan disetiap komponen, pilih Change Variable Name. Ubah seperti berikut :
- JLabel1 >> lblKeterangan
- JTextField >> txtInput
- JButton >> btnInput
- JLabel2 >> lblOutput

  • Setelah itu, klik kanan pada Button Tampilkan, Pilih Events >> Action >> ActionPerformed. Tambahkan source code berikut ini :
private void btnInputActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
// TODO add your handling code here:
String text = txtInput.getText();
lblOuput.setText(text);
}
  • Setelah itu silahkan jalankan program yang sudah anda buat. 
Selamat anda sudah berhasil membuat program sederhana dengan menggunakan komponen jTextField, jLabel dan jButton. Sekian postingan tentang Mengenal JtextField, Jbutton dan Jlabel jika ada kesalahan mohon kritik dan sarannya. Terima Kasih

2 comments:

  1. minta source code nya dong ? biar tampilannya bisa persis kayak gitu
    punyaku nggk bisa sama seperti itu tampilannya
    makasi :)

    ReplyDelete
  2. program aplikasi sederhana dengan bahasa pemrograman java ya gan...
    matur suwun infone..

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.