Header Ads

Mengenal Komponen-Komponen Swing Java

Sebelumnya saya share mengenai Operator Increment dan Decrement Pada Java. Pada postingan kali ini, kita akan Mengenal Komponen-Komponen Swing Pada Java. Swing merupakan library java yang digunakan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Mari kita mengenal komponen-komponen swing berikut :

  • Top Level Container
Top Level Container merupakan container dasar dimana komponen-komponen lainnya diletakkan. Contohnya Frame, Dialog dan Applet yang diimplementasikan dalam kelas Jframe, Jdialog dan Japplet.
  • Intermediate Container
Intermediate Container merupakan komponen perantara dimana komponen lainnya diletakkan. Salah satu contoh Container ini adalah Jpanel.
  • Atomic Component
Atomic Component merupakan komponen yang memiliki fungsi spesifik dan biasanya user berinteraksi langsung dengan komponen jenis ini. Contohnya adalah Jbutton, Jlabel, jtexfield dan jtextarea
  • Layout Manager
Layout Manager merupakan komponen untuk mengatur posisi dari container. Secara default, terdapat 5 macam layout yaitu Class border layout, Box Layout, Flow Layout, Grid bad layout dan Grid layout.
  • Even Handling
Even handling merupakan komponen untuk menangani event yang dilakukan oleh user. Misalnya menekan tombol, mengklik mouse dan lain-lain.

4 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.