Header Ads

Program Konversi Suatu Nilai Ke Karakter ASCII

Program Konversi Suatu Nilai Ke Karakter ASCII - Ternyata sudah memasuki hari keempat dibulan ramadhan yang penuh berkah ini. dan postingan ini merupakan postingan pertama saya dibulan ramadhan ini setelah pada postingan sebelumnya saya posting Cara Mengconnectkan Modem Smart CE682 di Ubuntu/Linux Mint dan tentang jTextfield, jLabel dan jButton. Pada posting kali ini saya akan share Program Konversi Suatu Nilai Ke Karakter ASCII. Program ini sangat sederhana dan program ini juga masih dalam ruang lingkup penggunaan jLabel, jTextField dan jButton. Okey sebelum kita mulai membuat programnya, disini saya akan sedikit memberi pegertian tentang ASCII. ASCII (American Standart Code For Information Interchange) merupakan suatu standart internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal (wikepedia). Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di wikepedia. Saya pernah diberi tugas membuat program ini pada waktu semester 4 dulu tapi aku baru tahu sekarang .. :D :D 
Program yang akan kita buat adalah seperti pada gambar berikut ini :

Program Konversi Suatu Nilai Ke Karakter ASCII

Pada program diatas hanya menggunakan 3 komponen yaitu jLabel, jTextField dan jButton. Pada program diatas, kita disuruh menginputkan angka yang nantinya akan di convert ke karakter. Untuk membuat program diatas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :



  • Setelah itu ubah text dan variabel dari setiap komponen dengan cara klik kanan pada komponennya kemudian pilih Change Variable Name. Ubah seperti berikut :

- jLable1         : lblJudul
- jLabel2         : lblAngka
- jLabel3         : lblKarakter
- jTextField1 : txtAngka
- jButton1 : btnConvert
- jButton2 : btnClear


  • Setelah itu kita mulai coding sedikit. Pertama, kita mulai dari button Convert! Klik kanan pada button Convert >> Events >> actionPerformed. Kemudian tambahkan kode seperti pada gambar dibawah ini :



  • Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada button Clear dan tambahkan kode seperti pada gambar berikut :


Setelah itu silahkan test Program Konversi Nilai Ke Karakter ASCII yang telah anda buat!

5 comments:

  1. wah mantab infonya gan, bermanfaat sekali nih terutama buat saya yang masih buta coding2 pemrograman

    ReplyDelete
  2. mantabb gann infonyaa..bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. makasih informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.