Header Ads

Install Eclipse Di BlankOn 9 Suroboyo

Eclipse, mungkin bukanlah nama yang asing lagi buat kita. Maka dari itu disini saya tidak ngomong panjang lebar tentang eclipse. Melainkan disini saya akan ngomomgin langkah-langkah instalasi eclipse pada BlankOn 9 suroboyo. Tadi pagi (senin, 03/03/14) saya menginstall eclipse pada BlankOn 9 Suroboyo dengan langkah-langkah berikut :

1. Download eclipse di http://www.eclipse.org/downloads/. Disini saya menggunakan eclipse kepler
2. Extract dan copy folder eclipse hasil extract ke directory /opt. Anda bisa melakukan copy paste dengan cara biasa atau dengan menggunakan perintah terminal berikut :

$ sudo cp -R eclipse /opt

catatan : pastikan ketika menjalankan perintah di atas, anda berada didirectory dimana eclipse anda berada

3. Buat link

 $ ln -s /opt/eclipse/eclipse /usr/bin/eclipse

4. Buat launcher 

$ sudo gedit /usr/share/applications/eclipse.desktop

Copy dan paste script berikut :

[Desktop Entry]
Version=4.3.0
Name=Eclipse
Comment=Intergrated Development ENvironment
Exec=/opt/eclipse/eclipse
Icon=eclipse
Terminal=false
Type=Application
Categories=Development;IDE

Pemasangan eclipse sudah selesai dan eclipse sudah siap diekskusi.

Masalah :
Setelah saya memasang eclipse dengan langkah-langkah di atas, saya mendapatkan masalah yaitu icon dimenunya gak muncul seperti gambar dibawah ini :

Install eclipse kepler di BlankOn 9 suroboyo

sebenarnya masalahnya tidak begitu berarti, karena eclipse tetap bisa berjalan dengan lancar cuman gak enak aja diliatnya kalau gak ada iconnya. tp anda tenang aja karena saya dapat solusinya setelah saya nanya grup BlankOn.

Solusi :
Awalnya pada script di eclipse.desktop pada bagian icon seperti ini "Icon=/opt/eclipse/icon.xpm". Tinggal diubah menjadi "Icon=eclipse" seperti diatas.
Masalah terselesaikan, sekarang eclipse sudah tampak lebih indah.

Install eclipse kepler di BlankOn 9 suroboyo

Sekian tuorial Cara Install Eclipse Di BlankOn 9 Suroboyo. semoga bisa membantu.

No comments

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.