Header Ads

Cara Mudah Membuat Launcher Android Studio dan Genymotion Di Linux Mint

Semua orang menginginkan kemudahan. Saya pun juga begitu. Sudah tidak dipungkiri lagi, segala sesuatu yang ingin kita lakukan, pasti ingin bisa kita lakukan dengan mudah. Bukankah begitu? Pada tutorial kali ini, saya akan share Cara Mudah Membuat Launcher Android Studio dan Genymotion Di Linux Mint. Tutorial ini direkomendasikan bagi para pemula. Bagi anda yang sudah master atau yang sudah tahu cara ini, silahkan bantu share saja ya. :)
Android Studio dan Genymotion. Dua tool keren yang pastinya menjadi teman akrab para Developer Android. Keseharian para Developer Android tidak akan lepas dari kedua tool ini. Sudah kita ketahui bersama, bahwasanya, ketika kita mau menjalankan Android Studio dan Genymotion, kita menggunakan command line. Banyak yang tidak suka dengan cara itu. Terbukti karena banyak yang nanya kepada saya, bagaimana cara membuat launcher Android Studio, biar tinggal klik untuk menjalankannya. Maka dari itu, saya membuat tutorial ini, guna untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, Pada tutorial ini saya tidak menjelaskan cara instalasi kedua tool tersebut. Untuk cara instalasinya, silahkan anda merujuk ke postingan saya sebelumnya Cara Memasang Android Studio  Di Linux Mint/Ubuntu dan Cara Memasang Genymotion Di Linux Mint/Ubuntu. 

Langkah-langkah Membuat Launcher Android Studio dan Genymotion
  • Klik Kanan pada menu, pilih Configure. 
Membuat Launcher Android Studio Di Linux
  • Selanjunya akan tampil jendela Applets. Scroll kebawah dan Klik tombol Open the menu editor
Membuat Launcher Android Studio Di Linux
  • Pada jendela Main menu, pilih salah kategori. Saya memilih Programming. Kemudian Klik New Item.
Membuat Launcher Android Studio Di Linux
  • Selanjutnya akan tampil jendela Launcher Properties seperti gambar dibawah ini :
Membuat Launcher Android Studio Di Linux
  • Isi Name, Command dan Comment pada jendela Launcher Properties seperti berikut :
Membuat Launcher Android Studio Di Linux

Keterangan :
  • Name : Nama yang akan ditampilkan dilauncher
  • Command : Arahkan pada path file executable dari aplikasi yang ingin dibuat launcher. pada contoh saya arahkan pada android-studio.sh. 
  • Comment : Isi Komentar sesuka anda. Dibiarkan kosong juga tidak masalah.
  • Terakhir, anda tinggal klik OK. Dan lihat hasilnya.
Membuat Launcher Android Studio Di Linux

Membuat Launcher Android Studio Di Linux

Silahkan anda lakukan hal yang sama pada Genymotion atau aplikasi lain yang ingin anda buatkan launcher. Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang membutuhkan. Sekian tutorial Cara Mudah Membuat Launcher Android Studio dan Genymotion Di Linux Mint kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih.

5 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.