Header Ads

[MATERIAL DESIGN] Membuat Tab Dengan Design Support Library

Material Design, Design UI yang tidak asing lagi kedengarannya, terutama bagi anda yang berkutat di dunia pengembangan aplikasi Android. Pada Google I/O 2015 yang sudah berlalu, Google merilis library baru yaitu Design Support Library. Dan pada tutorial kali ini saya akan berbagi salah satu user interface yang menggunakan Design Support Library yaitu TabLayout. Pada tutorial ini saya akan berbagi langkah-langkah membuat aplikasi dengan interface tab seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
Membuat Tab Dengan Android Support Library
Material Design UI Tab

Langkah-langkah membuat tab dengan Design Support Library
  1. Buat project baru di Android Studio anda
  2. Tambahkan Design Library berikut pada build.gradle(Module: app)
  3. Edit file activity_main.xml menjadi seperti berikut :
  4. Buat layout baru sebagai fragment. Sebagai contoh, saya membuat layout tab1_fragment.xml dengan class java Tab1Fragment.java.
    • Code tab1_fragment.xml 
    • Code Tab1Fragment.java
      Silahkan buat beberapa layout lagi seperti contoh diatas. Dalam tutorial ini saya membuat sebanyak 6 layout fragment.

  5. Buat 1 class baru dengan nama TabPagerAdapter.java. Lalu ketikan kode berikut :
  6. Edit file MainActivity.java menjadi seperti berikut :
  7. Selanjutnya silahkan jalankan project anda. Jika berhasil, maka anda akan tampilan seperti pada gambar diatas. Tutorial Membuat Tab Dengan Design Support Library merupakan salah satu dari penggunaan Design Support Library. Lain kali saya akan memposting tutorial yang lain. Jadi, Silahkan tunggu updatenya di LinuxerMadura.com

    Sumber :

1 comment:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.