Header Ads

Cara Backup & Restore Database MySQL Melalui Terminal

Sudah lama rasanya aku gak update blogku ini setelah postingan tentang InstallDesktop Recorder Pada Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin dikarenakan gak ada kesempatan untuk nulis. Oke langsung saja. Update postinganku kali ini adalah Cara Backup dan Restore Database Melalui Terminal. Sebenarnya Cara Backup dan Restore Database MySQL Melalui Terminal sudah banyak yang membahasnya karena ini bukanlah sesuatu yang masih baru. Tapi gak ada salahnya juga aku post untuk melengkapi catatanku. Berikut langkah-Langkah Backup dan Restore Database MySQL Melalui Terminal :

A. Backup Database

1. Buka Terminal
2. Jalankan perintah berikut :

$ mysqldump -u username -p databasename > backup.sql

Username = nama user database anda

Databasename = nama database anda

Backup.sql = nama file untuk database anda

Contoh :

mysqldump -u root -p wpku > wpku.sql

Anda bisa menambahkan path kemana database yg anda backup akan disimpan. Spt :

mysqldump -u root -p wpku > /home/tux/wpku.sql

B. Restore Database

1. Buka Terminal
2. Jalankan perintah berikut :

mysql -u root -p wpku < /home/tux/wpku.sql

Sekian postingan saya Cara Backup & Restore Database MySQL Melalui Terminal jika ada kesalahan saya mohon kritik dan sarannya. Terima Kasih ..!!!

2 comments:

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.