Header Ads

Me-repack Program Yang Sudah Di Install Di Ubuntu

Sebelumnya aku pernah share cara install paket .Deb melalui terminal dan juga mengubah paket tar.gz menjadi .deb. Pada kesempatan kali ini aku mau share cara me-repack program yang sudah terinstall di ubuntu kesayangan anda. Udah pada tahu belum apa itu repack?? Yang pasti udah ada yang tahu dan juga ada yang belum. Repack menurut pemahaman aku sendiri adalah proses pembungkusan ulang program. Jadi, program yang sudah kita install, kita bungkus lagi menjadi paket .deb. Untuk apa sich?? Repack atau pembungkusan ulang ini digunakan untuk kita yang membutuhkan program untuk di install dan tidak punya koneksi internet untuk install secara online atau untuk mendownloadnya. Jadi, kita repack program yang sudah kita install menjadi .Deb sehingga bisa di install. Bagaimana caranya?? Cara repack program di ubuntu kita bisa menggunakan dpkg-repack. Jika di komputer/laptop anda belum ada dpkg-repacknyamaka install terlebih dahulu dengan menjalankan perintah ini di terminal $ sudo apt-get install dpkg-repack. Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai. Setelah itu, kita bisa repack programnya dengan perintah $ sudo dpkg-repack nama program.
Misalnya kita ingin repack program cheese, maka perintah seperti ini! sudo dpkg-repack cheese. Tunggu proses repack sampai selesai. Biasanya hasil repacknya ada di directory home.
Sekian dulu dari saya, semoga bisa membantu. Jika ada kesalahan mohon di maafkan dan saya harap kritik dan sarannya.
Terima Kasih..

4 comments:

  1. blognya keren, isi inya juga,, kayanya aku harus belajar mulai nol dulu nih..

    ReplyDelete
  2. @sayyidahqurani
    Terima Kasih sob. Selamat Belajar .. Good Luck!

    ReplyDelete
  3. bagus nih saya dah nyoba

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.