Header Ads

Operator Increment dan Decrement Pada Java

Operator Increment dan Decrement Pada Java - Setelah pada posting java yang sebelumnya saya share Program Menghitung dan Mencetak Perkalian serta Program Mencetak Perkalian Dengan Input Dari User. Pada posting kali ini saya akan share tentang Operator Increment dan Decrement. Operator increment merupakan sebuah operator untuk menaikkan atau menambahkan nilai dengan 1 (+1).  Operator Decrement kebalikan dari operator Increment yaitu menurunkan atau mengurangi nilai dengan 1 (-1). 

Penggunaan operator Increment dan Decrement adalah sebagai berikut : 

x++
++x
x--
--x

Kita bisa meletakkan Operand sebelum Operator (x++ / x--) dan bisa meletakkan Operand setelah Operator (++x / --x). Perbedaannya, kalau kita meletakkan Operand sebelum operator, maka yang akan dicetak adalah nilai awal bukan nilai hasil Increment atau Decrement. Kecuali kalau kita memanggilnya kembali. 

Contoh : 

  public class IncrementTest {
public static void main (String [] args) {
int x=4;
System.out.println(x++);
}
}

Contoh program di atas, kalau kita cetak akan menghasilkan output nilai “4” walaupun sebenarnya nilai x adalah 5. Untuk mencetak nilai hasil Increment, kita harus memanggil/mencetak nilai x lagi. Sekarang ketik, compile dan jalankan kode program dibawah ini dan lihat hasilnya!

public class IncrementTest {
public static void main (String [] args) {
int x=4;
System.out.println(x++);
System.out.println(x);
}
}

Begitu juga dengan Operator Decrement. Silahkan anda coba untuk operator Decrement. Untuk posting tentang Operator Increment dan Decrement Pada Java saya cukupkan sampai disini dulu. semoga bermanfaat! Terima Kasih

1 comment:

  1. thanks gan.. akhirnya saya tahu.. kunjungan balik gan >> mantebgan.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.