Header Ads

Cara Install Joomla 3 Di Ubuntu

Cara Install Joomla 3 Di Ubuntu -  Selamat pagi para sahabat .. Di pagi yang mendung ini aku kembali share tentang joomla. postingan kemarin aku share Cara Membuat Kotak Komentar Dengan JComments Pada Joomla 2.5 dan postingan tadi malem aku share Cara Install Kate Di Ubuntu 12.04 LTS. pagi ini aku akan share Cara Install Joomla 3 Di Ubuntu. Dulu aku juga pernah nulis diblogku ini Cara Install Joomla 2.5 Di Ubuntu Dengan Menggunakan XAMPP. Tapi kali ini aku  tidak menggunakan XAMPP karena applikasi-applikasi yang di butuhkan seperti Apache, MySQL, PHP dan PHPMyAdmin aku install manual satu-satu. Cara installasinya anda bisa merujuk ke postingan Cara Install Apache, MySQL, PHP dan PHPMyAdmin Di Ubuntu 12.04 LTS.
Okey langsung saja berikut langkah-langkah Install Joomla 3 Di Ubuntu 12.04 LTS :

1. Download Joomlanya terlebih dahulu di Joomla.org
2. Pastikan di komputer anda sudah terinstall Apache, MySQL, PHP dan PHPMyAdmin
3. Extract file joomla yang sudah anda download
4. Rename foldernya biar namanya tidak terlalu panjang
5. Copy foldernya ke directory /var/www/
6. Ubah hak aksesnya dengan menjalankan perintah berikut di terminal :

$ sudo chmod -R 777 /var/www/namafoldernya

Note : Ubah "namafoldernya" sesuai nama folder joomla anda

7. Buat database menggunakan PHPMyAdmin biar lebih mudah. Di Addres Bar browser ketikan http://localhost/phpmyadmin
8. Setelah membuat database, saatnya install joomlanya. pada address bar browser ketikan http://localhost/namafolder

Note : Ubah "namafolder" sesuai nama folder joomla anda

Pada tutorial ini, punya saya dikasih nama mysite. jadi cara ngaksesnya http://localhost/mysite. Setelah itu akan tampil main configuration seperti gambar berikut :


Silahkan isi form yang ada pada main configuration. Setelah itu klik Next. selanjutnya akan tampil Database Configuration seperti gambar berikut :


Silahkan isi Database Configuration sesuai dengan konfigurasi database anda. Setelah itu Klik Next. Selanjutnya adalah proses terakhir dari instalasi joomla. pada proses yang terakhir ini, Silahkan anda install sample data seperti pada gambar di bawah ini :


Proses instalasi sample data :


Kalau sudah muncul jendela Congratulations! Joomla is now installed berarti anda sudah berhasil menginstall Joomla. Selanjutnya anda disuruh menghapus folder instalation. Cara menghapusnya, anda bisa langsung klik tombol Remove Instalation Folder atau remove melalui terminal dengan perintah :

$ sudo rm -rf /var/www/mysite/instalation

Note : Ubah mysite sesuai nama folder joomla anda

Setelah itu, silahkan anda pergi ke administrator untuk login ke Back End Joomla anda. Wajah admin login joomla 3 :


Wajah Back End Joomla 3 :


Tampilannya berbeda dari versi sebelumnya. Namun, istilah dan kegunaannya tetap sama. Okey! sekian dulu post Cara Install Joomla 3 Di Ubuntu. Aku mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima Kasih 

No comments

Komentar anda sangat saya harapkan. Baik kritik ataupun saran yang penting buat kebaikan.
Silahkan tinggalkan komentar anda!

Powered by Blogger.